Cara Mempercepat Koneksi Internet Hp Android Akses Makin Kencang - Walau memiliki spesifikasi yang nyaris sama, nyatanya tidak semua smartphone Android memiliki koneksi internet yang sama. Artinya ada smartphone yang memiliki koneksi internaik baik, ada juga yang tidak. Lalu, pada akhirnya, kemampuan koneksi internet tergantung pada operator telepon yang digunakan masing-masing. Lihat juga Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi.

Berikut ini tiga cara mempercepat koneksi internet di hp Android sehingga kecepatan akses internet meningkat dan semakin kencang.

Hapus ‘Cache’

Dalam setiap smartphone Android, pasti kita menemukan beberapa aplikasi yang langsung otomatis ter-install.
Cara Mempercepat Koneksi Internet Hp Android Makin Kencang Hapus Cache

Secara tidak langsung, aplikasi tersebut menghasilkan cache, yang dapat memakan memori sistem operasi. Cache sendiri ialah memori berukuran kecil yang bersifat sementara. Namun, walau ukurannya kecil, kecepatannya sangat tinggi.

Kerjanya, ia bisa menjembatani aliran data antara processor dan RAM. Selain menambah memori, ternyata ia juga menghabiskan kuota internet secara perlahan. Koneksi internet tidak berjalan lancar.

Untuk memudahkannya, hapuslah cache pada seluruh aplikasi-aplikasi yang ada dalam smartphone Andorid. Masuk pada manu Setting atau Pengaturan, lalu ke Application Manager.Pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya. Terus klik Clear Cache.

Atur 'Network'

Cara mengetahui koneksi internet lamban atau bermasalah adalah ketika ada masalah pada loading browser.
Cara Mempercepat Koneksi Internet Hp Android dengan Mengatur Network Akses Makin Kencang

Untuk mengatasinya, coba atur jaringan (network) di smartphone Android. Masuk pada menu Setting atau Pengaturan dan pilih Mobile Network. Ada beberapa pilihan antara lain WCDMA only, GSM only, dan WCDMA/GSM (auto connect).

Rata-rata, setiap smartphone menggunakan WCDMA/GSM (auto connect).

Padahal jika tidak berada di jaringan tersebut, jaringan tersebut akan aktif untuk koneksi 3G atau 4G.

Untuk membuat koneksi internet cepat, pilihlah salah satu antara WCDMA only atau GSM only.

'Uninstall' Aplikasi dan 'Widget' yang Tidak Penting

Selain membuat memori penuh dan smartphone bekerja lambat, banyaknya aplikasi membuat koneksi internet melambat. Tidak hanya aplikasi tapi juga widget.
Tips Cara Mempercepat Koneksi Internet Hp Android Tambah Kencang

Perlu diingat jika ada beberapa aplikasi dan widget yang menggunakan koneksi internet. Misal, penggunaan Instagram. Jika tidak di-logout, maka ia akan terus berjalan. Atau widget cuaca, ia akan terus meng-update info cuaca terbaru setiap jam.

Cara terbaik ialah uninstall semua jenis aplikasi dan widget yang tidak penting di ponsel. Pilihlah yang membantu kita dalam berkomunikasi saja.

Jika ingin menghapusnya, silahkan masuk pada menu Setting atau Pengaturan dan pilih Application Manage. Uninstall beberapa aplikasi yang tidak diperlukan.

Baca: Cara Daftar Paket Internet 3 Tiga 4G LTE

3 Cara Mempercepat Koneksi Internet Hp Android di atas semoga dapat menjadi solusi agar akses internet semakin kencang dan kecepatannya tetap stabil. Ponsel tidak cepat panas dan berselancar di dunia maya semakin nyaman. Praktis karena tidak perlu install program atau software tambahan. Semoga bermanfaat.