Tips Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi Meningkatkan Kecepatan WiFi Router Maksimal - Jika Anda merasa memiliki koneksi internet nirkabel atau Wi-Fi di rumah Anda begitu lambat dan tidak maksimal, maka perlu diketahui beberapa cara mempercepat koneksi internet wifi yang dapat Anda lakukan sehingga dapat memaksimalkan performa Wi-Fi tersebut. Lihat juga artikel terkait mengenai Tips Cara Setting Router di Rumah.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi Meningkatkan Kecepatan WiFi Setting Router Maksimal
Tips Mempercepat Koneksi Wifi Router

Berikut beberapa cara mempercepat koneksi internet via WifFi akses nirkabel di rumah dapat maksimal.

1. Restart router Anda
Restart router, akan memperbaiki masalah konektivitas jaringan nirkabel. Dengan restart, router akan mencari kanal baru yang tidak digunakan device lain.

2. Pindahkan router
Memindahkan router dari piranti elektronik seperti lampu, saklar dimmer, speaker dan lain-lain, bisa mengurangi interferensi gelombang kepada router broadband. Letakkan router Anda sejauh mungkin dari piranti elektronik lainnya karena alat-alat tersebut mengeluarkan sinyal yang bisa menganggu kinerja router.

3. Tempatkan router di tengah rumah
Keberadaan dinding dan furnitur bisa menganggu pancaran sinyal dari router selain itu kabel-kabel juga bisa menjadi salah satu penyebab terganggunya kinerja router. Menempatkan router di tengah rumah akan memperbaiki pancaran gelombang ke seluruh penjuru tempat tinggal Anda.

4. Cek layanan dari ISP
Masalah yang dialami koneksi nirkabel di rumah bisa berawal dari internet service provider (ISP) langganan Anda. Banyak ISP yang kelebihan pelanggan sehingga Anda bisa merasakan lambatnya kecepatan data pada jam sibuk seperti sore mmenjelang malam.

Anda bisa mengecek kecepatan internet dengan melakukan pengujian di situs independen seperti Speedtest.net dalam waktu berbeda selama satu hari. Jika tak terlihat fluktuasi yang besar setidaknya 80-90 persen dari yang dijanjikan ISP maka kecepatan tersebut telah maksimal.

5. Lakukan tes ping
Jika tes kecepatan menghasilkan kecepatan berdasarkan bandwith dari ISP, maka tes ping akan menghasilkan latensi. Hasil dari tes ini menunjukkan kualitas dari layanan internet Anda dari ISP apakah terjadi penundaan antara beberapa situs dengan komputer Anda. Tes ini menunjukkan bagaimana kualitas koneksi internet Anda.

Anda bisa melakukan tes ini melalui Pingtest.net dimana tertera hasil dalam miliseconds. Secara umum angka yang lebih kecil maka lebih baik, tapi situs ini memberikan peringkat A hingga F dari hasil tes, apakah koneksi internet Anda cukup baik untuk streaming atau game online.

6. Tes channel Wi-Fi
Lambatnya koneksi nirkabel bisa terjadi karena interferensi dari jaringan Wi-Fi tetangga yang berada di channel yang sama. Semua router mendukung penggunaan frekuensi 2,4 Ghz. Sementara router dual-band bisa menggunakan frekuensi 5 Ghz. Frekuensi itu lebih sedikit dipakai sehingga koneksi menggunakan frekuensi 5 Ghz bisa memperbaiki masalah lambatnya jaringan.

7. Pindah ke channel yang lebih sepi
Anda bisa mempercepat koneksi nirkabel dengan berpindah ke channel yang lebih sepi. Untuk melakukannya Anda dapat mengunduh aplikasi Android Wifi Analyzer atau NirSoft Wi-Fi InfoView untuk Windows.

Melalui diagnosa lewat aplikasi ini akan terlihat channel mana yang penuh, dan mana yang sepi. Pindahkan jaringan nirkabel Anda ke channel yang lebih sepi untuk menghindari interferensi dari jaringan lainnya.

Lihat: Cara Registrasi Paket Internet XL Hotrod 3G+ 4G LTE Terbaru.

Untuk melakukannya Anda bisa melakukan pengubahan pada pengaturan router. Carilah model router Wi-Fi dengan mengetikkan nomor model di Google.

Sebagai contoh kami melakukan pencarian menggunakan keyword "Linksys WRT1900ACS manual setting". Linksys WRT1900ACS adalah tipe dari router Wi-Fi sementara manual setting mengacu kepada penyetelan manual router.

Setelah ditemukan cara penyetelan router, pindahkan channel dari router Anda ke channel yang lebih sepi seperti yang telah ditunjukkan dari aplikasi Wi-Fi analyzer agar kinerja router Wi-Fi Anda kembali maksimal.

Semoga dengan menerapkan tips terbaru Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi Meningkatkan Kecepatan WiFi Setting Router Maksimal ini Anda dapat berselancar dengan nyaman. Aktivitas download dan upload super cepat nirkabel alias ga perlu direpotin dengan kabel yang berseleweran.