Penyebab Koneksi Wifi Router Lemot Akses Internet Lambat - Saat ini kita hidup di dunia yang serba online dan bahkan untuk sebagian orang menjadi kebutuhan primer, sehingga koneksi internet lemot pasti menjadi hal yang sangat menyebalkan. Banyak yang bertanya faktor apa saja yang mengganggu koneksi internet wifi via router lemot alias lambat. Coba lihat di artikel terkait tentang Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi Setting Router Maksimal.
Setting Koneksi Wifi Router Penyebab Lemot Akses Internet Lambat

Berikut ini penyebab koneksi wifi router lambat akses internet lemot dan bikin kesal:

1. Lampu dan lemari es
Ternyata 2 hal ini dapat mempengaruhi kinerja router sehingga tidak maksimal. Para ahli di Ofcom menemukan bahwa lampu, lemari es, speaker, telepon nikrabel menggangu sinyal wifi dari router. Hal ini disebabkan karena semua perangkat ini mengirimkan gelombang radio yang mirip dengan sinyal yang dikirim oleh router Anda. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah menghindarkan router dari perangkat-perangkat elektronik lainnya. Letakkan router wifi di tempat yang strategis agar sinyalnya bagus tanpa gangguan.

2. Wifi tetangga
Namanya juga hidup bersosialisasi, pada umumnya rumah akan memiliki tetangga. Router mentransimisikan wifi dengan bekerja pada satu saluran dari beberapa saluran yang tersedia. Router modern akan mencoba untuk memilih yang terbaik dan yang paling padat secara otomatis. Namun, kadang router Anda dan router tetangga beroperasi pada channel yang sama. Hal inilah yang membuat wifi menjadi lemah. Sebaiknya router sering direset agar saluran kembali normal dan tidak terganggu oleh sinyal dari router lain.

3. Kepadatan Manusia
Pernah Anda bertanya mengapa wifi Anda lemot ketika Anda sedang mengadakan pesta? Keberadaan manusia rupanya berpengaruh kepada kualitas wifi. Penelitian University of California menemukan bahwa sinyal nirkabel berfluktasi secara signifikan ketika ada manusia. Ilmuwan lantas menggunakan riset ini untuk menghitung jumlah orang dalam sebuah ruangan yang masih bisa menggunakan wifi tetap dalam kondisi aman. Berarti sebaiknya dibatasi jumlah orang dalam satu ruangan agar akses internet wifi tidak lemot. Hal ini terutama kalau ruangan tersebut digunakan untuk kerja secara kelompok.

4. Lokasi
Lokasi turut berpengaruh terhadap kualitas wifi. Namun, bukan berarti Anda harus mendekatkan diri dengan router untuk mendapatkan wifi kencang. Kenyataannya, beberapa daerah memiliki sinyal wifi yang baik karena tergantung seberapa baik infrastruktur yang tersedia. Perbedaan letak geografis bisa berdampak pada perbedaan kualitas wifi. Kualitas bangunan juga menentukan apakah koneksi internet wifi router lemot atau lambat, karena ketebalan dinding atau jarak antar lantai juga mempengaruhi akses kecepatan internet,

Dari pengalaman pribadi, faktor Penyebab Koneksi Wifi Router Lemot Akses Internet Lambat no 2 dan 4 yang paling sering ditemui. Sebaiknya gunakan router dengan kualitas terbaik agar kecepatan internet stabil dan tidak bikin stres. Untuk pengguna hp android atau mengakses internet via mobile, sebaiknya baca peraturan baru Cara Daftar Registrasi Kartu Sim Perdana Prabayar Terbaru Resmi Menkominfo.