Solusi Gagal Registrasi Kartu Simcard Beda Format SMS 4444 Daftar Ulang - Pemerintah mulai memberlakukan registrasi kartu prabayar dengan data kependudukan NIK dan nomor KK pada 31 Oktober 2017. Dari pantauan di lapangan, ternyata cukup banyak pengguna ponsel yang melakukan registrasi sejak adanya pengumuman registrasi prabayar dan banyak yang gagal, baik itu pengguna kartu simcard Indosat Telkomsel Tri Smartfren dan XL. Baca juga: Cara Registrasi Daftar Ulang Kartu Simcard Lewat Web Secara Online.
Format SMS Daftar Ulang Telkomsel Simpati Indosat Mentari Im3 XL Smartfren Tri Solusi Gagal Registrasi Simcard
Format SMS Daftar Ulang Registrasi Simcard | source: indonesiabaik.id

Plt Kabiro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Noor Iza mengatakan, meskipun aturan registrasi kartu prabayar berlaku per 31 Oktober, pengguna sudah bisa melakukan registrasi ulang mulai sekarang.

Kenapa Gagal Registrasi Ulang Kartu Simcard via SMS

Berdasarkan hasil pantauan di media sosial, banyak pelanggan yang tidak berhasil atau gagal registrasi kartu prabayar Telkomsel Simpati Indosat Mentari Im3 XL Smartfren Tri. Kira-kira apa penyebabnya ya?

Dilansir dari liputan6, berikut ini penyebab kegagalan dalam registrasi kartu prabayar:

1. Saat registrasi nomor NIK dan nomor KK harus dipastikan sesuai dengan yang ada di KTP dan KK.

Jika saat nomor NIK dan nomor KK belum tervalidasi, bisa jadi data pengguna belum ada di database Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri.

Kalau data kependudukan belum ada di database Dukcapil memang masih invalid. Registrasi bisa diulang hingga lima kali, kalau sampai lima kali gagal, operator akan mengirimkan pemberitahuan ke pengguna.

SMS yang dikirim oleh operator berisi pernyataan nomor NIK dan nomor KK pengguna memang sudah benar. Selanjutnya, pengguna memberi balasan konfirmasi ia setuju mendaftarkan nomornya sesuai data NIK dan nomor KK yang diberikan.

Dengan demikian pengguna akan bertanggung jawab secara hukum terhadap data yang diberikannya. Nomor telepon pengguna pun akan diaktifkan.

2. Beda format registrasi yang berbeda antaroperator. Pengguna yang registrasi harus menyesuaikan dengan format yang diberikan operatornya.

Pada dasarnya data yang dibutuhkan dalam registrasi kartu prabayar hanya dua, yakni nomor NIK yang tertera di KTP dan nomor KK. Artinya, tidak masalah bila operator memberlakukan format registrasi berbeda.

Baca: Cara Crack Wifi Bobol Username Password dengan Krack

Data kependudukan yang digunakan memang hanya nomor NIK dan nomor KK, tapi operator mendesain sistem di dalamnya sehingga format bisa berbeda. Pada tanggal 30 Oktober, operator akan melakukan broadcast tata cara registrasi sehingga pengguna bisa mengikutnya.

Standar Format SMS Registrasi Ulang Kartu Simcard

Sekadar diketahui, Kemkominfo selama ini menyampaikan format registrasi kartu prabayar, yakni:

NIK#NomorKK#. Sementara, pelanggan lama memiliki format ULANG#NIK#NomorKK#

Pada kenyataannya, masing-masing operator punya format berbeda.

Untuk kartu SIM perdana Indosat, Smartfren, dan Tri menggunakan format:

NIK#NomorKK#. Format pengguna XL Axiata adalah Daftar#NIK#Nomor KK dan format Telkomsel adalah Reg (spasi) NIK#NomorKK.

Lain lagi dengan registrasi ulang pelanggan lama. Indosat, Smartfren, dan Tri menggunakan format

ULANG#NIK#NomorKK#.

Daftar ulang kartu XL Axiata menggunakan format

ULANG#NIK#NomorKK 

Daftar atau registrasi ulang kartu Telkomsel menggunakan format

ULANG (spasi) NIK#NomorKK#.

Semoga informasi tentang Format SMS Kirim ke 4444 Daftar Ulang Semua Operator Telkomsel Simpati Indosat Mentari Im3 XL Smartfren Tri di atas dapat menjadi solusi atas gagal registrasi atau daftar ulang kartu simcard Anda.