Info terbaru tentang Cara Setting Router WIFI Koneksi Internet Nirkabel di rumah - Biasanya hal ini bisa dilihat pada brosur cara penggunaan yang diberikan ketika anda membeli router wifi. Meskipun terdengar seperti proses yang sulit menyetting router sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah yaitu dengan cara mengikuti langkah langkah yang telah disediakan. Pada dasarnya konektifitas nirkabel sangat cocok untuk diaplikasikan dirumah. Namun, untuk anda yang masih awam tentang masalah internet dan wifi, akan menghadapi hambatan ketika pertama kali memasangnya. Lihat juga Cara Membuat Hotspot Koneksi Wifi di Komputer PC.

Gambar Setting Wifi Router di Rumah Tips Cara Seting Sederhana
Cara Setting Router di Rumah untuk Koneksi Internet

Menyiapkan rumah koneksi wifi sangat memerlukan banyak usaha yang harus diupayakan, tapi manfaat yang didapat setelahnya membuat semua usaha yang telah dilakukan berharga. Ada cara untuk mengoptimalkan jaringan anda mulai dengan peralatan bergerak, menggunakan Home Plug, mengubah saluran nirkabel, dan lain sebagainya. Namun, jika cara yang dijelaskan pada manual masih susah dimengerti, anda bisa meancari sendiri tips cara setting router wifi di rumah di internet.

Tips cara setting router wifi di rumah untuk koneksi internet sebenarnya ada berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan Virtual Router Plus karena dengan software ini anda tidak perlu melakukan settingan yang sulit dan ribet. Selain itu, apabila anda ingin menghubungkan wifi rumah dengan internet, yang pertama kali dilakukan adalah berlangganan internet yang menyediakan output di modem menjadi ethernet. misalnya Kabel Modem (berlangganan Internet melalui FirstMedia) atau ADSL Modem (melalui Speedy). Tinggal pasang di ‘WAN’ port anda, maka Internet akan di sebarkan di WiFi LAN anda, menjadi sebuah HotSpot. Seperti disebutkan oleh yang lain, sebaiknya anda mengubah setting security, supaya WiFi HotSpot anda tidak digunakan oleh orang luar. Setelah semua alat yang dibutuhkan pendukung internet di rumah sudah terkumpul dan lengkap, sekarang tinggal memasang perangkat tersebut sehingga bisa digunakan dengan mengikuti tips cara setting router wifi di rumah.

Berikut ini tips langkah atau cara setting router wifi di rumah (khususnya untuk router TP-Link):

• Pertama-tama, setting alamat PC/Notebook menjadi 192.168.1.2 tergantung berapa banyak PC yang akan digunakan karena dalam keadaan default wireless router memiliki alamat 192.168.1.1 atau sesuai dengan jenis router yang digunakan.
• Buka browser internet, input IP address dari router ke address bar lalu tekan enter
• Masukkan username: admin dan password:admin maka akan muncul interface dari wireless router. Selanjutnya pilih network kemudian LAN kemudian isikan alamat IP seperti diatas kemudian Subnet Mask: 255.255.255.0
• Restart wireless router dengan memilih System Tool, Reboot, kemudian tunggu beberapa saat kemudian masuk ke system Wireless router seperti langkah awal. Setelah masuk ke interface administrator, pilih menu Quick Setup dan isi wireless radio, SSid, Region, Channel, dan mode yang ada disana. Lalu klik next
• Selanjutnya setting Gateway dan DNS dengan memilih menu Network, lalu WAN (sesuaikan dengan modem ADSL anda).
• Langkah selanjutnya adalah setting security wireless router agar orang yang berhak yang dapat menggunakan koneksi tersebut.
• Langkah terakhir adalah menyetting DHCP server agar client secara otomatis mendapatkan IP address sendiri. Pilih menu, DHCP, DHCP Setting kemudian isikan range IP Address (sesuai berapa computer yang terhubung).
• Final action, save dan reboot untuk Wireless Router dan siap digunakan.

Demikianlah tips cara setting router Wifi di rumah koneksi internet nirkabel, semoga dapat membantu dan bermanfaat.