Tips Cara Upgrade Android System Versi Terbaru. Ada banyak alasan untuk melakukan upgrade atau memperbaharui OS Android dari versi lama ke versi baru. Dan ada beberapa cara untuk melakukan update, dari cara yang agak riibet, hingga cara cepat yang bisa dibilang cukup mudah.

Gambar Cara Upgrade Android System Versi Terbaru Cepat Beda dengan Update

Dilansir dari situs Rancah Post, terkait alasan mengapa harus mengupgrade Android. Bisa jadi karena ingin up-to-date, atau sekedar ingin mencoba fitur dan performa Android baru.

Perbedaan Upgrade vs Update Android

Namun ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelumnya. Salah satunya adalah perbedaan upgrade dan update.

Biasanya melakukan update Android juga penting, dan bisa dibilang cepat. Sementara melakukan upgrade biasanya lebih lama, dan membutuhkan koneksi data yang unlimited, atau kuota cukup banyak.

BACA JUGA : Cara Membuat Koneksi Wifi Lebih Cepat

Perbedaan update dan upgrade sendiri, selain dari ukuran file yang diunduh lebih besar keduanya juga berbeda secara teori. Update adalah pembaruan OS Android dengan sedikit perubahan atau perbaikan.

Misalnya update keamanan, fitur, perbaikan bug dan lain sebagainya, yang biasanya tidak mebutuhkan ukuran file besar untuk diunduh.

Sementara upgrade sendiri lebih kepada peningkatan versi Android. Bukan cuma perbaikan minor, namun mengganti versi Android secara basic.

Versi besar Android sendiri dibedakan dengan penamaan. Misalnya KitKat, Jelly Bean, Lollipop, Marshmallow dan Oreo.

Nah, lalu seperti apakah cara upgrade Android ke versi terbaru dengan cepat? Berikut tips yang bisa kamu coba.

Tips Cara Upgrade Android ke Versi Terbaru dengan OTA

Sebagaimana dikatakan sebelumnya, ada beberapa cara upgrade Android. Bisa melakukan upgrade Android dengan PC, atau melakukan downgrade juga. Namun perlu waktu yang tidak lama, dan persiapan yang lebih ribet.

Seperti menginstall aplikasi updater, mengunduh ROM, dan lain sebagainya.

Lalu cara upgrade Android mana yang akan kita bahas kali ini? Tentu cara yang mudah dan cepat, yang bias dilakukan semua orang, yakni Over The Air alias OTA.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Masuk ke menu Setting > About phone > Pilih System Update > pilih Check Update.

2. Jika pembaruan tersedia, maka Anda pilih download update, dan kemudian mulai melakukan update atau upgrade.

3. Jika tidak ada update, dan muncul pesan “Software Anda sudah pada versi terbaru“, artinya vendor smartphone kesayanganmu tidak menyediakan update Android baru.

4. Jika ada, maka proses akan dimulai dengan pengunduhan.

BACA JUGA : Daftar Harga Paket Internet 4G Smartfren Terbaru

5. Setelah selesai, sistem akan meminta kamu melakukan reboot, biasanya cuma menekan OK di layar. Dan proses update akan dimulai.

6. Pastikan baterai HP Android kamu sudah penuh atau lebih dari 50% sebelum upgrade. Karena jika kurang, beresiko hp Android error gara-gara gagal upgrade.

Cara Updgrade Android ke Versi Terbaru dengan Cepat dan Mudah

7. Biasanya, jika ada update untuk sistem Android sobat, smartphone akan melakukan update terlebih dahulu.

8. Jika update sudah selesai, maka akan melakukan upgrade.

Mudah dipahami kan? Anda tinggal klik sana klik sini, dan semua selesai.

Semoga cara upgrade Android syste terbaru dengan OTA di atas bermanfaat. Namun perlu diingat pula, bahwa beberapa vendor menyiapkan cara berbeda untuk upgrade dan update. Misalnya Xiaomi yang menyediakan cara upgrade sendiri, dengan aplikasi khusus.