Kenapa Kuota Internet Cepat Habis Akses Putus Dijalan - Anda pasati sering bertanya-tanya mengapa kuota internet cepat banget habisnya. Tanpa koneksi data karena kuota internet Anda habis, maka Anda tidak bisa menikmati hiburan digital, tidak dapat mengirim pesan melalui WhatsApp, memanggil melalui Line, atau cek media sosial. Lihat juga Daftar Paket Internet Termurah Telkomsel Indosat XL.
Kuota Internet Cepat Habis Cara Mengatasinya

Selain itu, Anda pun tidak dapat bermain game online, membuka video lewat streaming maupun youtube. Sehingga ponsel pintar Anda pun seakan-akan lumpuh.

Jadi, jika Anda tidak ingin terjebak dalam situasi ini, Anda harus merencanakan penggunaan data smartphone dengan cermat.

Memang semua provider menyediakan paket data tanpa batas atau unlimited. Namun tentu saja ada batasannya yaitu jika paket unlimited Anda tercapai, maka koneksi data akan jadi lemot.

Nah berikut ini alasan kenapa kuota paket data internet cepat habis dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Terlalu sering upload video ke YouTube

Sejak 2011, YouTube menjadi situs yang paling maju di dunia, melebihi Facebook dan Twitter. Melihat streaming video di YouTube dapat memberikan sarana hiburan mudah dan menyenangkan.

Bayangkan saja, Anda dapat melihat jutaan rekaman video dari seluruh dunia dengan sangat mudah dan cepat. Namun, sebagai konsekuensinya, kuota yang diambil oleh YouTube besar, terutama jika Anda menonton video dalam high-definition (HD).

Selain melihat video di Youtube, upload video ke Youtube juga dapat menghabiskan banyak data internet Anda. Akan tetapi, itu semua tergantung di pengaturan yang ada di Youtube dan faktor lainnya. Meng-upload video dengan resolusi HD, dapat menyedot kuota internet sampai 200MB permenit.

Jadi, solusinya adalah Anda sebaiknya memakai koneksi Wifi untuk melihat atau meng-upload video di Youtube.

2. Video Call

Untuk Anda pengguna smartphone bisa melakukan video call, baik melalui Skype, LINE atau WeChat. Namun apakah Anda pernah menyadari kalau berbicara dengan teman anda menggunakan video call ternyata bisa menghabiskan kuota data internet?

Ya, video call dapat mengambil begitu banyak kuota, karena video call masih dikategorikan sebagai streaming, yang kegiatannya sangat membutuhkan bandwidth yang banyak.

Adapun bandwidth yang dibutuhkan untuk melakukan video call rata-rata 3 MB permenit. Untuk itu, kalau Anda ingin agar kuota internet Anda tidak cepat habis, maka jangan terlalu lama melakukan obrolan yang menggunakan video call.

3. Main Games Online

Game-game online yang masuk dalam kategori real-time action dengan minimal grafik 3 dimensi, seperti Point Blank, Modern Combat 5, atau juga Asphalt 8, akan menyedot kuota data internet Anda. Pasalnya, game tersebut membutuhkan rata-rata 1 MB data permenit. Sehingga dipastikan jika Anda bermain game itu dalam waktu yang lama, maka data internet Anda akan cepat habis.

4. Streaming video

Anda akan ketagihan untuk terus menonton film gratis, jika menemukan situs yang menayangkan film online. Padahal, film online ternyata dapat menguras data internet Anda. Bahkan film online bisa dikatakan “terkejam” dalam urusan menyedot kuota internet. Pasalnya, streaming video tersebut dapat menghabiskan 50 MB permenit.

Coba Anda bayangkan, jika menonton minimal satu film berdurasi satu jam, berapa MB yang akan tersedot. Oleh karena itu, jika data internet Anda terbatas, lebih baik di download saja, dan setelah itu tonton film tersebut secara offline.

Lihat: Cara Transfer Pulsa ke Sesama Telkomsel

Nah semoga artikel ini dapat menjawab Kenapa Kuota Internet Cepat Habis dan bagaimana cara mengatasinya ya. Kesal karena akses internet putus dijalan sudah bisa teratasi.