Penyebab Utama Kecepatan Internet Makin Lemot Akses Wifi Lambat Tidak Kencang - Mengakses internet saat ini telah menjadi kebutuhan pokok dan harus "dikonsumsi" setiap hari. Bahkan bisa jadi mengalahkan kebutuhan lainnya seperti sandang, pangan dan papan, dalam skala mendesaknya. Tapi, mungkin kamu sering mendapati jaringan internet dari perangkatmu berjalan begitu lambat. Bahkan, ketika sinyal seluler pada perangkatmu sebenarnya penuh dan seharusnya kuat, malah berjalan sangat lambat sekali dan membuatmu kesal. Kamu pasti akan bertanya-tanya, apa yang menyebabkan hal ini terjadi? Apakah berasal dari kualitas jaringan operator seluler yang digunakan atau faktor lain? Lihat juga artikel terkait tentang Perbandingan Kecepatan Internet Operator Telkomsel Indosat Ooredoo XL Axiata Smartfren Tri Bolt Terbaru
Penyebab Kenapa Kecepatan Internet Makin Lemot Akses Wifi Lambat Koneksi Tidak Kencang

Silahkan dibaca alasan atau penyebab utama mengapa jaringan internet yang kita pakai sering kali terasa lemot dan akses semakin menurun tidak kencang seperti biasa, sebagaimana dilansir oleh situs kumparan dari CNET.

Jaringan Wi-Fi di Rumah Lemot

Kalau jaringan Wi-Fi di rumah kamu lemot, bisa jadi beberapa faktor ini yang menyebabkannya.

1. Posisi router salah

Banyak yang tak menyadari kalau posisi router di ruangan atau tempat-tempat tertentu yang kurang strategis bisa membuat koneksi internet jadi lemot. Ditambah adanya benda-benda besar seperti lemari pakaian atau lemari es yang bisa mempengaruhi kualitas internet.
Kalau sudah seperti ini, kamu bisa memindahkan posisi router-mu ke tempat yang lebih lega, sehingga pancaran jaringannya bisa tersebar dengan lebih bebas.

2. Router sudah jadul

Seperti perangkat elektronik lainnya, router juga ada memiliki standar usianya. Kalau internet di rumah kamu sudah lemot, coba periksa spesifikasi router-mu, apakah sudah waktunya untuk mengganti dengan yang baru?

3. Gangguan dari perangkat lain

Benda elektronik di rumah, seperti perangkat Bluetooth, gadget, atau microwave, bisa mempengaruhi kecepatan internet karena bergerak di frekuensi yang sama dengan router-mu, 2,4 GHz. Selain itu, apabila kamu tinggal di sebuah apartemen, bisa juga jaringan internet-mu akan terganggu oleh jaringan wireless di sekitarnya.

Untungnya, banyak router modern yang telah mendukung frekuensi 5 GHz sehingga menggunakan saluran yang jarang mengalami gangguan saat di-reboot. Cobalah untuk mematikan Wi-Fi dan menyalakannya kembali saat kesulitan mendapatkan kecepatan internet yang diinginkan.

Sinyal Ponsel Lemot

Meski ikon sinyal jaringan seluler yang kamu gunakan terlihat penuh dan berada di daerah yang biasanya menawarkan jaringan internet yang cepat, bukan berarti kegiatanmu saat menyaksikan video YouTube tidak akan buffering.

Sebelum melempar ponselmu karena kesal, coba simak beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebabnya berikut ini.

1. Berada di area yang jaringannya buruk

Seringkali ikon sinyal seluler atau wireless di ponsel tampak baik-baik saja, namun nyatanya sangat sulit saat digunakan untuk memuat halaman situs atau untuk sekedar membalas chat. Itu bisa jadi karena kamu sedang berada di area dengan cakupan jaringan internet yang buruk.
Kalau kamu pengguna Android, kamu bisa cek kekuatan sinyal yang masuk ke jaringan ponsel kamu dengan cara masuk ke Settings, buka About Phone dan cek Status. Kekuatan sinyalmu akan ditunjukkan dengan angka mulai dari -50 dBm hingga -120 dB. Semakin dekat angkanya dengan -50 dBm, menandakan kualitas sinyal yang lebih bagus.

2. Berada di tempat ramai

Tempat ramai seperti di venue konser, festival, pameran bazaar, dan sebagainya, mengumpulkan banyak orang dalam satu tempat sekaligus yang semuanya mengakses internet. Saat ini terjadi, lalu lintas jaringan akan ditujukan ke satu menara dan membuat 'kemacetan'.
Bagi kamu yang pernah mendatangi sebuah konser dan merasa akses internetmu sangat lemot, maka hal itu lumrah terjadi.
Kalau sudah seperti ini, satu-satunya solusi hanyalah meninggalkan area keramaian tersebut, atau pulang ke rumah dan main internet sambil selonjoran di kasur.

3. Sudah lewat batas kuota di paket unlimited

Beberapa penyedia layanan internet diketahui menawarkan paket unlimited yang memungkinkan pengguna berselancar di internet tanpa batas dalam waktu tertentu. Namun, sebenarnya paket unlimited itu tidak menawarkan kecepatan yang akan terus kencang selama periode paket tersebut.

Karena, dalam paket unlimited ada batas kuota yang diberikan untuk akses internet yang kencang. Apabila sudah lewat batas itu, maka jaringan internet yang dinikmati si pengguna akan dikurangi dan tidak secepat sebelumnya.

Jaringan Wi-Fi Lemot di Ruang Publik

Tidak sedikit pengguna internet yang mengandalkan koneksi di warung kopi, McDonald's, atau ruang-ruang publik lain untuk mengakses internet sepuasnya dengan jaringan Wi-Fi gratis.

Kalau kamu merasa koneksi internet di ruang publik sangat lemot, bisa jadi karena ada banyak pengunjung yang juga menggunakan jaringan Wi-Fi di sana.

Kemungkinan kedua, bisa juga tempat nongkrongmu tersebut memang memiliki jaringan internet yang lambat, karena biasanya dengan begitu toko tidak akan membayar biaya terlalu mahal untuk jaringan Wi-Fi di tempatnya.

Alasan lain, bisa jadi kamu berada di jarak yang terlalu jauh dari titik aksesnya. Sama seperti di rumah, cobalah untuk pindah tempat yang lebih dekat dengan router agar kamu bisa mendapatkan koneksi yang terbaik.